Cara sharing internet dari modem ke Acces point


     Selamat beraktivitas agan semua . Akhir ini karena libur saya lagi senang share pengalaman saya dalam uji coba membuat suatu jaringan dasar dirumahan saya . Postingan hari ini adalah lanjutan dari postingan saya yang lalu tentang Cara setting modem telkom speedy menjadi acces point saja . posutingan yang lalu saya menjelaskan tentang bagaimana memamfaatkan modem milik telkom menjadi acces point saja . Hari ini saya akan menjelaskan Cara sharing internet dari modem ke Acces point sebagai  lanjutan dari postingan saya selanjutnya 
     Kita pasti sudah tau apa itu acces point dan cara kerjanya . Jika agan selama ini hanya memamfaatkan acces point hanya sebagai sarana share data , main game mode lan , maka sekarang agan dapat berkreasi sendiri untuk membuat semua perangkat di rumah yang terhubung di acces point agan dapat menikmati fasilitas internet melalui modem yang agan punya . Modem agan terserah baik itu CDMA / GSM yang panting masih bisa dipake . hehehe .. 

     Baiklah itulah sedikit pendahuluan dari tutorial yang akan saya berikan kepada agan-agan tentang Cara sharing internet dari modem ke Acces point . Oke langsung saja !

Alat yang dibutuhkan :

  1. Modem CDMA / GSM
  2. Kabel lan ( ukuran panjang bebas )
  3. Acces point
  4. Kuota internet
  5. Komputer / Laptop 
Cara Sharing :

1. Hubungkan modem agan ke komputer . Saya sarankan agan kalo memiliki komputer dengan komputer saja . Kenapa harus komputer ? Ya sebernarnya laptop juga bisa tetapi agan kan tau kalo kebanyakan komputer tidak memiliki nic wireless , maka dari itu otomatis komputer agan tidak dapat menikmati fasilitas internet dari acces point , tapi kalo agan hubungkan ke komputer ya otomatis semua yang sudah mendukung teknologi wireless seperti laptop,tablet,dan smartphone dapat menikmati .

2. Nyalakan acces point agan . jika agan sudah bisa menggunakan acces point untuk sharing data atau game mode lan maka acces point tidak perlu diseting lagi . kenapa tidak perlu disetting ? Karna saya sayin agan udah mensetting duluan nama SSID acces point dan passwordnya .

3. Jika modem agan sudah terhubung jangan langsung diconectkan dulu . agan harus masuk keelah it menu Network and sharing center yang ada di control panel . Setelah itu masuk ke menu change adapter setting lalu pilih modem yang agan gunakan ! Setelah itu klik kanan nama operator modem agan lalu pilih properties ( di sini saya menggunakan operator Three) lalu pilih menu sharing . lalu ceklis Allow network user ............
Lalu pada home networking connection pilih Local area connection . Kalo masih bingung ikuti aliran gambar yang saya sediakan di bawah 








Jika semua sudah selesai nanti akan ada notofikasi dari modem . agan ok kan saja karena notifikasi tersebut berisi tentang perubahan ip di acces point . jikas semua sudah dilakukan dengan bennar silahkan agan connectkan  perangkat agan ke acces point . 

Itulah sekian tutorial untuk Cara sharing internet dari modem ke Acces point 

Semoga Sukses !

Jika anda suka mohon donasikan subscribe agan untuk blog ini ya gan !













1 Response to "Cara sharing internet dari modem ke Acces point"